Sabtu, 14 Mei 2016

Trip to MANKITSU @Papaya Fresh Gallery, Blok M Jakarta 2016

Akhirnya setelah penantian beberapa bulan, kesampaian juga dateng ke toko buku bekas khusus buku bahasa Jepang yang terletak di dalam supermarket PAPAYA di dekat Blok M Square, bernama Mankitsu.

Singkat cerita, aku berkunjung ke Mankitsu bersamaan mengunjungi festival Ennichisai yang diselenggarakan di daerah Blok M. Setelah menginjakkan kaki disana, aku langsung terbang ke Papaya dan naik ke lantai 2 tempat Mankitsu berada.

Sayangnya aku enggak sempat mengambil foto tampak depan toko Mankitsu (foto-foto bisa lihat di blog lain yang membahas tentang Mankitsu). Singkatnya, toko tersebut tidak terlalu luas. Meskipun begitu, mungkin disana terdapat buku yang kalian cari .

Sama seperti saat datang ke Big Bad Wolf, aku datang ke Mankitsu tanpa list buku yang dicari. Meskipun begitu, di kepala sudah terbayang buku-buku seperti apa yang ingin dicari. Dan agak melenceng dari kepala dan benar-benar tidak diduga, aku menemukan komik Pandora Hearts vol 9 dan 16 (Aku nyari yang vol 22 tapi setelah pencarian lebih jauh sepertinya belum ada) dan Light Novel Yahari Ore no Seishun Love Come wa Machigatteiru (oregairu) vol 3. Ketiga buku ini benar-benar ditemukan secara tidak terduga. Tanpa pikir panjang langsung nyomot buku ini :v

Karena akhir-akhir ini aku sedang menggandrungi One Piece, jadi di Mankitsu aku memutuskan untuk turut membeli komiknya, tanpa berambisi untuk memiliki volume tertentu. Di Mankitsu ada banyak komik Jepang yang dijual berseri lengkap, termasuk Naruto, Bleach dll yang bisa dibeli 1 set. Namun sepertinya untuk komik One Piece belum tersedia lengkap, dan masih bisa dibeli satuan. Aku lihat ada 3 jilid untuk volume 68, yang anehnya dengan harga yang berbeda-beda. Jadilah kuambil komik dengan harga termurah yaitu 15k.

Buku terakhir yang jadi pilihan terakhir untuk kubeli sebelum kalap yaitu Akane-chan to Okyaku-san no Papa. Sekilas aku langsung tahu kalau itu novel untuk anak-anak, karena isinya yang tidak terlalu padat dengan tulisan dan masih terdapat banyak furigana, serta beberapa sisipan gambar. Dengan alasan penghematan, aku sempet bingung dan dilema memilih antara Oregairu atau Akane-chan, secara aku 'kan masih belum bisa baca novel Jepang, dan membeli dengan alasan ingin belajar. Namun karena kekalapan akhirnya  aku beli 2-2nya (takut nyesel kalo ga dibeli. sok-sokan bisa baca novel Jepang).

Setelah memilih, aku berhenti untuk lihat-lihat buku lain (takut kalap lebih jauh) dan jadilah 5 buku komik dan novel yang gue jarah dari Mankitsu dengan hanya membayar Rp80k saja untuk semuanya. Semua buku disana memiliki variasi harga yang anehnya bisa berbeda satu dengan lainnya meskipun judulnya sama. Paling murah kudapat yang 10k (Akane-chan dan Pandora Hearts vol 9), 15k (One Piece), 20k (oregairu) dan 25k (Pandora Hearts vol 16). Setelah ini aku harus menebus dosa atas kekalapanku dengan membaca semua buku yang sudah dibeli (padahal buku yang dibeli di Big Bad Wolf aja belum selesai dibacaa).

Aku belum selesai menjelajahi seisi toko secara tuntas. Yang pasti mungkin banyak buku bagus lain yang belum kulihat di sana. Toko ini pas banget dikunjungi oleh kalian yang tertarik belajar lebih jauh tentang bahasa Jepang (atau bahkan yang udah jago yang ingin sekedar mencari bacaan). Orang Jepang bahkan juga kesini pas aku sedang lihat-lihat. Buku-buku Mankitsu meskipun bekas namun masih dalam keadaan bagus, seperti masih buku baru, dan tentunya dengan harga yang murah luar biasa dibandingkan harga toko buku lain. Selain di Papaya, Mankitsu juga terdapat di gedung Kamome di Blok M di mana selain menjual, mereka juga menyewakan buku. Kalau ada kesempatan mungkin aku juga bakal berkunjung kesana.

EDIT: Ternyata Mankitsu di Papaya pindah ke supermarket Kamome beberapa minggu setelah aku ke sana. Lokasinya agak lebih jauh dari Blok M Square (tapi masih bisa ke sana dengan jalan kaki). Dan di sana sebagian besar buku hanya untuk disewa. Untung udah ke mankitsu Papaya sebelum mereka pindah. Di Kamome konon sistemnya kayak Manga Cafe, bisa sewa tempat/spot/kursi untuk membaca buku. Karena aku belum kesana jadi gue belum bisa pastiin detailnya. Kemungkinan di acara Ennichisai selanjutnya aku bakal berkunjung ke Mankitsu Kamome sekalian nyari beberapa buku.

UPDATE 2018 : UDAH KE KAMOMEE, YAY!! Langsung klik artikel Mankitsu Kamome Blok M yaa. Sayangnya saat update ini dibuat, Mankitsu kemungkinan sudah tutup juga di Kamome. :( 







2 komentar:

  1. Benar2 percis di supermarket papaya ya toko buku mankitsu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo kak, terakhir aku ke sana (Mei 2016), tokonya memang persis di dalam gedung supermarket papaya, tepatnya di lantai dua. Kalau sekarang aku udah gak tau masih ada atau gak, karena katanya sudah pindah ke supermarket Kamome. Karena tahun ini aku enggak ke Ennichisai jadi belum sempat cek, jadi mungkin tahun depan aku baru bisa cek lagi ke sana. Setelah itu aku juga berencana mau nulis lagi di blog tentang Mankitsu.

      Hapus